Saudaraku, salam penuh cinta tuk semuanya… dan semoga Alloh merahmati kita semua….

Kita asumsikan dulu, bahwa judul skripsi/tugas akhir (TA) kita telah rampung dan matang. Kita telah mengantongi dukungan dari beberapa dosen dan referensi dah terbilang mencukupi. Ada beberapa kiat yang mungkin salah satunya kita lupakan, jadi tulisan ini sekedar ngingetin kita saja. Di sini penulis juga bermaksud memotivasi diri sendiri, jadi trik-trik tersebut belum semuanya penulis tunaikan secara optimal.

Berikut trik-triknya:


1. Sewaktu garap skripsi, banyak ilmu baru yg kita dapetin. Nah, ini peluang bagi kita. Agar kita lebih paham ilmu tsb dan lebih melekat di memori kita, caranya dengan menulis (membuat tulisan). Kita jadikan tiap tambahan ilmu tersebut sbg bahan tulisan (meski iseng/ngawur/sederhana) yg baru. Bisa dikaitkan dengan bidang keilmuan lainnya, ato isu kontemporer, ato fantasi lainnya. Pemahaman kita akan bertambah karena otak mencoba menggali lebih dalam dan memperluas cakupan pemahamannya.

2.Beberapa referensi yg qta dapet biasanya berwujud paper/jurnal/e-book. Di paper tsb kebanyakan dicantumkan email/situs dari si penulis. Nah, disinilah kesempatan kita tuk berdiskusi, bertanya, minta nasehat, nyari kenalan, dsb terkait skripsi kita. Senyampang paper yg qta pilih nyambung dgn topik skripsi kita. Ato juga berdiskusi dgn orang2 yg sedang melakukan penelitian yang sejenis dgn pnya kita. Berkomunikasilah secara sopan, apa adanya dan bertahap. Jangan lupa, tunjukkan apresiasi kita thd karya mereka.

3.Browsing tokoh/pakar di topik skripsi kita. Lalu, hunting alamat blog/email/twitter/facebook mereka. Baru kemudian kita lakukan komunikasi. Meskipun para ahli tsb biasanya sibuk dan jarang merespon, tapi paling tidak ada kemungkinan kita dapet tulisan mereka yg blum dipublish, ato info forum diskusi asing, ato info peneliti lainnya yg bisa bantu, ato memotivasi kita, dan info baru yg tak terbayang lainnya. Seorang pakar biasanya memiliki gagasan global/besar, tunjukkan dukungan qta thd gagasan tsb disertai alasannya.

4.Miliki impian yang tinggi terkait skripsi kita. Harapannya motivasi kita tetap terjaga dan muncul ide2 keren (fikrothun thoyyibah) futuristik lainnya. Mungkin diantaranya pengin dijadiin buku, diterbitin di jurnal tertentu, ditulis multibahasa, disebar ke perpus2, diikutkan kompetisi, dan berbagai imajinasi ilmiah lainnya.

5.Ketika prosesi penggarapan skripsi berlangsung, kita pernah nemuin ide yang lebih tinggi levelnya dari skripsi. Nah, ide tersebut perlu diarsipkan. Siapa tahu bisa menjadi ide penelitian kita di level pendidikan selanjutnya, saat S2, S3, dst.

6.Perbanyak sedekah dan sholat tahajjud. Agar pertolongan Allah SWT senantiasa hadir memberkahi tiap keberhasilan kita. Skripsi kita pun harapannya bermanfaat untuk umat. Semoga kita semua (penulis juga) bisa istiqomah dan ikhlas menunaikannya.

7.Apa lagi yaa..?? Oya, yg penting jangan ditunda-tunda! Lakukan sedikit demi sedikit, tapi pada setiap kesempatan. Storyboard/alur pengerjaan skripsi sebaiknya dirancang, meski secara sederhana.

Saya sangat berharap ada masukan, kritikan, saran dari seluruh anggota grup yg tercinta ini. Sehingga trik-trik di atas bisa bertambah lengkap dan aplikatif. Hasil kompilasi insyaAllah akan dipublish di kesempatan berikutnya. Allahua’lam bishowab.

.:UINITY, the cyber ukhuwah:.